Senin, 04 Agustus 2008

Pemimpin Yang Hebat

Pemimpin hebat adalah pemimpin yang bisa menciptakan pemimpin baru yang jauh lebih hebat dari dirinya. Tapi sekali lagi, fakta sejarah menunjukkan jauh lebih banyak pemimpin besar yang lahir dari ‘tempat sampah’, suatu tempat yang sekiranya tidak mungkin seorang bisa menjadi besar, tapi ternyata dengan segala keterbatasannya justru ia menjadi besar.

Pemimpin yang cerdik mengetahui secara pasti bahwa di dalam diri setiap bawahannya terdapat bakat dan potensi yang harus dikembangkan, potensi hebat yang akan membantu meningkatkan keunggulan si pemimpin dalam mengelola organisasi, termasuk meningkatkan kredibilitas dan karisma si pemimpin.

Pemimpin yang hebat adalah ia yang mampu membangkitkan insiatif dan partisipasi aktif anggota tanpa perlu berlaku otoriter.

seorang pemimpin yang hebat bukanlah orang yang selalu lebih cerdas dari yang lainnya, seorang pemimpin yang hebat bukanlah orang yang paling fasih dalam beragumentasi,seorang pemimpin yang hebat bukan pula orang yang paling kuat fisiknya dari yang lainnya. melainkan seorang pemimpin yang hebat adalah ketika ia dapat melahirkan penerus yang cerdas, mungkin juga seorang pemimpin yang hebat adalah orang yang selalu memikirkan nasib bawahannya.

Seorang pemimpin hebat belum tentu menerima penghargaan, tapi diterima di hati publik. Ada pemimpin yang tidak mendapat penghargaan, tapi dia ada di hati public

pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang mampu menggiring anak buahnya mencapai sukses bersama-sama.

Tidak ada komentar: